Memotret Pengrajin Rotan Dusun Terpencil (2) – Tikar Lampit Lebih Mudah Dijual ke Kalteng

ISTIMEWA
Tim ekspedisi mengabadikan pembuatan lampit di Dusun Sempadian. Tampak tudung saji di sebelah kanan.

Pagi menjejak sinar hangat, dan satu jam perjalanan dari Sesa Sengkuang, membawa tim Pedahasan Tikar Selembar ke Dusun Sempadian. Pemandangan yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya, terbentang di depan mata.

Apa yang selama ini hanya mereka dengar, kini sudah benar-benar nyata! Doni menuturkan, mereka segera membaur dengan aktivitas masyarakat yang sudah dijalankan turun-temurun.
“Mereka mengerjakan banyak perabot rumah tangga dari bahan rotan. Ada tikar yang disebut lampit, tudung saji, keranjang untuk sepeda motor, dan banyak lagi. Hampir di tiap rumah, aktivitas itu ada dan anak-anak muda begitu fasihnya mengerjakan anyaman,” tutur Doni.
Mereka pun berbagi peran. Pipensius bertugas mengumpulkan informasi dan melakukan wawancara dengan banyak orang. Erik dan Doni memotret setiap aktivitas, dan ada juga yang mendokumentasikan dengan handycam.
Mereka membuat skenario: dimulai dari aktivitas mengambil rotan di hutan, membersihkannya di sungai, mengeringkan rotan, membelah, dan mengerjakan anyaman.
Doni dan Erik yang lahir dan dibesarkan di kota, menemukan kehidupan yang selama ini hanya diketahui lewat televisi atau koran. Ini kali pertama mereka mendatangi tempat terpencil itu, dan sempat khawatir ketika naik sampan di tengah sungai yang airnya masih jernih dan sejuk.
“Kami bisa memahami, mengapa warga di dusun ini menolak keras masuknya perkebunan kelapa sawit. Sebab mereka sangat tergantung pada hasil hutan berupa rotan,” ujar Doni.
Pipensius mencatat, aktivitas warga membuat kerajinan bukanlah sambilan pengisi waktu luang. Tapi semua itulah pekerjaan utama yang menjadi penyokong kehidupan mereka.
“Pekerjaannya sangat rumit, dalam satu bulan seseorang hanya bisa menghasilkan dua helai lampit ukuran 3 meter kali 5 meter. Sebuah lampit dijual kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu. Jadi sebulan kemungkinan hanya menghasilkan Rp 300 ribu,” ujar Pipensius.
Harga itu menjadi fantastis jika berhasil dibawa ke Kota Ketapang, karena sehelai lampit dihargai Rp 400 ribu! Sayang, buruknya infrastruktur jalan, ditambah banyaknya pungutan liar di mitingan, membuak akses kerajinan bernilai tinggi itu jarang bisa menjangkau ibu kota kabupatennya sendiri.
Ekspedisi kecil-kecilan ini, membuka mata mereka, betapa potensi di daerah sendiri, ternyata justru lebih berharga di provinsi tetangga. Akses sungai lebih memungkinkan kerajinan rotan itu dipasarkan di Kalimantan Tengah. (severianus endi/selesai)

http://pontianak.tribunnews.com/read/artikel/17172

Memotret Pengrajin Rotan Dusun Terpencil (1) – Rombongan Tersesat di Tengah Malam

Seorang warga Dusun Sempadian, merentangkan rotan yang baru diperoleh dari hutan. Rotan itu merupakan bahan baku pembuatan aneka kerajinan.

Pernahkah Anda mendengar nama Dusun Sempadian? Bukan perkara gampang mengakses dusun yang sekitar 200 kilometer jaraknya dari Kota Ketapang.

Apa istimewanya Dusun Sempadian? Rupanya di tempat terpencil yang hanya dihuni 150 kelapa keluarga itulah, kerajinan rotan berkualitas tinggi dihasilkan.
Sayangnya, pemasaran justru lebih banyak ke provinsi tetangga, Kalimantan Tengah, yang mudah dijangkau lewat jalur sungai. Sementara untuk ke Kota Ketapang, buruknya infrastruktur jalan menjadi satu-satunya halangan.
Akibatnya, kecantikan kerajinan rotan dari dusun itu belum banyak dikenal, justru di ibu kota kabupatennya sendiri. Inilah yang mendorong empat anak muda dari Komunitas Pedahasan Tikar Selembar, sebuah kelompok seni dan budaya di Ketapang, untuk berkunjung ke sana.
Erik, Doni, Yofri, dan Pipensius, melakukan dokumentasi secara utuh proses pembuatan kerajinan itu.
“Kami mendengar, ada dusun yang jadi sentra kerajinan rotan. Tapi jarang terpublikasi. Ini yang mendorong kami ke sana,” ujar Erik, yang bertindak sebagai kepala rombongan.
September lalu, ekspedisi kecil-kecilan ini mereka lakukan. Lucunya, tak satu pun dari anggota rombongan mengenal dusun tersebut.
Mereka hanya berbekal petunjuk seorang teman, yang menceritakan aktivitas yang hampir tak pernah terpublikasikan itu. Akhirnya, dengan modal nekad, keempatnya memulai perjalanan dengan sepeda motor.
Dusun Sempadian merupakan bagian dari Desan Terusan, Kecamatan Manis Mata. Sekitar pukul 12.00 WIB, rombongan berangkat meninggalkan Kota Ketapang.
Perjalanan tidak mulus. Doni menuturkan, mereka sempat mengalami pecah ban, diguyur hujan lebat, bahkan bocor tanki bensin.
“Paling parah, kami tersesat di jalan buntu dekat Desa Sengkuang, dan saat itu pukul 10 malam. Beruntung ada karyawan perusahaan tambang membantu menyeberangkan kami dengan perahu kelotok,” ujar Doni.
Sampai ke Desa Sengkuang, mereka memutuskan menginap di rumah kepala desa. Sebab perjalanan menuju Dusun Sempadian perlu waktu satu jam, sementara kondisi jalan sangat buruk menyulitkan perjalanan di tengah malam. (severianus endi)

 

Auto estore “ayaw” nulled

autoestore  “ayaw” bagi kalangan Amazon Warrior, bukanlah sesuatu yg baru. Autoestore, plugin wordpress yang sangat mempermudah membangun sebuah website affiliasinya amazon, terutama auto postnya. Install wordpress, pasang plugin ini, setting filter, dan selebihnya tinggal dioptimasi tanpa harus memikirkan lagi kontennya.

Plugin nih produk lokal, yg sudah mendunia bikinan ayaw  anak pontianak, dijual dengan harga $75. Konon katanya, si ayaw udh mendulang puluhan ribu dollar dari penjualan plugin ini.  Kalau anda tertarik silahkan diorder langsung di situsnya  http://www.autoestore.org/.

Dan bagiku sebagai seorang pemula di dunia “bangzon” (-ngutip istilahnya abebudi ), beli plugin dengan harga segitu kayaknya masih terlalu berat. Jadinya…berburulah ke kawan yang mau menjualnya dengan harga lebih  miring, tidak tahu lisensi apa yang kudapat. Entah yg unlimited, atau yang limited 10 domain.

Iseng saja, mbongkar source code nya “ayaw” pengen tau ‘dalemannya’ gara-gara updatean WordPress 3.11  bermasalah dengan autoestore v3.1 yang macet di filter, gak mau  posting. Olalala. ternyata di encode gan. Untungnya, agan ayaw cuman pakai base64 encode, yang tidak susah untuk di decode. Jalanin decodernya, trus rapikan codenya biar enak dibaca. Makan ati juga sih, nama file, variabel, fungsi di md5 ama dia (emang enak baca hash gitu ??? T_T ), tapi toh terbaca juga, lama-lama mata kan jadi terbiasa lihat deretan hash gitu hehe.

Yang pertama dilakukan adalah mem-bypass supaya tidak perlu verifikasi paypal id dan transaction id lagi ketika mengaktifkan plugin ayaw. Ada dua cara paling tidak yg sempat kucoba :

  1. membalikkan alur logika pengecekan/autentifikasi paypal id dan transaction id di server  autoestore seperti tampak di bawah ini :
    [codesyntax lang=”php” lines=”fancy”] 

    $var_24eed33ee38027d124839f0fcdf6adcb['paypal'] = trim($_POST['aes_activation_paypal']);
    $var_24eed33ee38027d124839f0fcdf6adcb['trans_id'] = trim($_POST['aes_activation_trans_id']);
    $var_10573b873d2fa5a365d558a45e328e47 = 'http://api.autoestore.net/auth.php?p='.
    $var_24eed33ee38027d124839f0fcdf6adcb['paypal'].'&t='.$var_24eed33ee38027d124839f0fcdf6adcb['trans_id'].
    '&b='.urlencode(get_bloginfo('url'));
    $var_d1fc8eaf36937be0c3ba8cfe0a2c1bfe = func_b4657d275e143d853912c603e58eb806($var_10573b873d2fa5a365d558a45e328e47);
    $var_7133b828c1ffd0b0c07a0ff64276a521 = simplexml_load_string($var_d1fc8eaf36937be0c3ba8cfe0a2c1bfe);
    if( $var_7133b828c1ffd0b0c07a0ff64276a521->Authorization == "1" ) { 
    	$var_24eed33ee38027d124839f0fcdf6adcb['key'] = (string) $var_7133b828c1ffd0b0c07a0ff64276a521->Message;
    	echo '<div class="updated"><p><strong>Activation success</strong></p></div>';
    }
    else {
    	echo '<div class="updated"><p><strong>Activation Failed</strong>: '.
    	$var_7133b828c1ffd0b0c07a0ff64276a521->Message.'</p></div>';
    	echo $var_d1fc8eaf36937be0c3ba8cfe0a2c1bfe;
    }

    [/codesyntax]

    code line I, diganti menjadi
    [codesyntax lang=”php” lines=”fancy” doclinks=”0″]

    if( $var_7133b828c1ffd0b0c07a0ff64276a521->Authorization != "1" ) {

    [/codesyntax]

  2. atau dengan jalan beri tanda komen pada bagian fungsi berikut ini untuk mengaktifkan menu autoestorenya langsung :[codesyntax lang=”php”]
    function func_be74d01145a0a6b1ab0952aecb6cb2f5() {
    	global $AES_SHOW_TOOLS;
    	//$var_24eed33ee38027d124839f0fcdf6adcb = get_option(base64_decode('YWVzX2FjdGl2YXRpb24='));
    	//$var_4831f1f9ce92348075d829064de26a18 = md5($var_24eed33ee38027d124839f0fcdf6adcb['paypal']."-AUTOESTORE-".get_bloginfo('url'));
    	//if( $var_24eed33ee38027d124839f0fcdf6adcb['key'] == $var_4831f1f9ce92348075d829064de26a18 ) {
    		add_menu_page('Auto eStore Options', 'Auto eStore - nulled by Cyberkidal', 8, 'aes-opt-menu','func_7e9bd5e350d862cc0bece1ecafb49fb1');
    		$var_831a2fb55435584bf20fef01dbc4f64c = add_submenu_page('aes-opt-menu', 'Auto eStore Products Filters', 'Products Filters', 8, 'aes-opt-filters','func_14b7c61f864dd625f2d5d9af9e762ae3');
    		add_submenu_page('aes-opt-menu', 'Auto eStore Advanced Options', 'Advanced', 8, 'aes-opt-advanced','func_299e14668ac674b8d6fab794d77e8ced');
    		add_submenu_page('aes-opt-menu', 'Auto eStore Images', 'Images', 8, 'aes-opt-images','func_7046ba969da5c43a73f1fe3790cdd467');
    		add_submenu_page('aes-opt-menu', 'Auto eStore Upgrade', 'Upgrade', 8, 'aes-opt-upgrade','func_2dc2c0085a161b4fdca920cfe68a6c63');
    		if($AES_SHOW_TOOLS) add_submenu_page('aes-opt-menu', 'Auto eStore Tools', 'Tools', 8, 'aes-opt-tools','func_3de487ffc23c3949717b6d452f922cdf');
    		wp_enqueue_style('thickbox');
    		wp_enqueue_style('autoestore_admin_css', WP_PLUGIN_URL . '/autoestore/css/admin.css');
    		wp_enqueue_style('jquery_ui_css', WP_PLUGIN_URL . '/autoestore/css/base/ui.all.css');
    		add_action( "admin_print_scripts-".$var_831a2fb55435584bf20fef01dbc4f64c,'func_e929b6e2e3c8873510f4b24163d49cbd' );
    	//}
    	//else {
    	//	add_menu_page('Auto eStore Activation', 'Auto eStore', 8, 'aes-opt-menu','func_95eab74646253ed2b24992ee06724848');
    	//}
    }

    [/codesyntax]

Setelah itu, masih perlu untuk melihat beberapa bagian code yang melakukan pengecekan, seperti halnya :
[codesyntax lang=”php” lines=”fancy”]

//check this
	//$var_e716662e6ef5c38429b81a74bb4f6bf3 = get_option(base64_decode('YWVzX2FjdGl2YXRpb24='));
	//$var_6f5236f27733324133b9477b8479f398 = md5($var_e716662e6ef5c38429b81a74bb4f6bf3[base64_decode('cGF5cGFs')].strrev("-EROTSEOTUA-").get_bloginfo('url'));
	//if( $var_e716662e6ef5c38429b81a74bb4f6bf3[base64_decode('a2V5')] == $var_6f5236f27733324133b9477b8479f398 ) {
		$var_f3aa1999beeda723c0ce7e0ae1706042 = wp_insert_post( $var_1bb98ab1be31d9aab7cc7d2436a7ab62 );
		if( $var_f3aa1999beeda723c0ce7e0ae1706042 ) {
			func_aabcba4da863a9f1ad585c79ff9a232b($var_f3aa1999beeda723c0ce7e0ae1706042, 'amazon', $var_62130e1b1e81120c6344cc4e661f9e4b);
			func_4f5fa0f819acb549da537c76735ad708($var_f3aa1999beeda723c0ce7e0ae1706042, $var_be8f80182e0c983916da7338c2c1c040);
		}
		else {
			return -1;
		}
	//}

[/codesyntax]

Demikian, sejauh  penggunaan autoestore nulled v3.1 untuk beberapa waktu lalu masih normal saja. Untuk  v5 yang baru dirilis ayaw, versi nullednya baru akan kucoba install online malam ini 🙂

Berikut ada sedikit pesan dari ayaw :
[codesyntax lang=”php”]

$message = "

	If you found this message, that's mean you have try to decode this script.
	If you do it just for fun and want to tweak it for your personal use, it's okay...

	But if you do this and share it to anyone,

	C'mon dude...
	We just charge small amount money to replace our effort.
	Everytime someone download it, we're robbed.

	We are not a big company like M$ or Adobe.

	Thank you...

";

[/codesyntax]

Sesuai dengan pesannya, tentu saja plugin ini kupakai sebatas untuk kepentingan sendiri, tidak ada cerita bagi berbagi. Kalau anda tertarik, silahkan order di sini http://www.autoestore.org 😀

Jumat Agung

Untuk yang kedua kalinya, aq tugas  Passio di Jumat Agung, setelah yang pertama itu Jumat Agung 2 tahun lalu. Emang dadakan sih, karena harus menggantikan petugas  yang udah ditunjuk sebelumnya.

FYI : Passio itu kisah tentang sengsara Yesus Kristus dari penangkapan sampai dengan  Wafat di kayu salib, dibawakan dengan cara dinyayikan oleh petugas sesuai dengan peran masing-masing.

Jam 3 sore ini, semoga aq bisa membawakan passio ini dengan baik, di sela kondisi tenggorokan yang sudah tidak sehat akibat latihan koor yang ‘berlebihan’ tahun ini. hahaha.

God Bless Me ! 😀

Ketapang FIXIE !

FIXIE.. ada yg belum pernah dengar istilah ini?? keterlaluan kalau belum pernah. Trendnya udah ke mana-mana loh. Di kota-kota besar apalagi, sudah biasa sekumpulan anak muda bawa sepeda yg unik ini!. Kalau jaman dulu dikenal sepeda Torpedo, fixie ini ya mungkin kurang lebih lah sepertinya :D yang pasti sesuai namanya fixed gear, sepeda ini gearnya mati! mau dikayuh ke belakang atau ke depan sama saja bisa jalan terus, tidak seperti sepeda biasa.

Menurut wikipedia, FIXIE adalah sebagai berikut :

A fixed-gear bicycle (or fixed-wheel bicycle, sometimes known in the USA as a fixie) is a bicycle that has no freewheel, meaning it cannot coast — the pedals are always in motion when the bicycle is moving.

The sprocket is screwed or bolted directly onto a fixed hub. When the rear wheel turns, the pedals turn in the same direction.[1] This allows a cyclist to stop without using a brake, by resisting the rotation of the cranks, and also to ride in reverse.

Nah, ngomongin Fixie di Ketapang nih, (sepertinya) masih termasuk barang baru. Tidak bermaksud berlebihan, tapi kayaknya memang baru ada beberapa bulan terakhir ini loh, belum pernah terlihat berseliweran di jalanan Ketapang sebelum saya dan akho rakit FIXIE kembar beda warna :D (Semoga tidak salah) ini :

Ide awalnya sampai bisa merakit fixie ini sebenarnya tidak terlalu jelas juga, yang pasti sih karna niatan untuk bersepeda yang sudah menggebu-gebu. Ada pikiran awal ingin cari MTB, trus ikut komunitas MTB di Ketapang yang katanya sering turing ke mana-mana. Tapi setelah melalui observasi beberapa saat sepertinya tidak memungkinkan. Harganya terlalu berlebihan! saya tidak mampu beli! hahaha, kalau dipaksakan beli MTB harga standar, sepertinya lebih susah lagi untuk bisa “IN” di komunitas, ngomong serba tidak nyambung. sebuah fork aja bisa sampai belasan juta. belum framenya lagi T_T.

Untungnya, muncullah sesosok akho dengan ide brilliannya di BBm. Rakit FIXIE saja! biar jadi trendsetter di Ketapang! rajin ni anak yg pada akhirnya bertugas berburu part FIXIE di seantero KASKUS . Merakit FIXIE perdana yang pada akhirnya harus overbudget. Budget yang seharusnya ditambah D60+35mm ku udah bisa dapat D7000 BO ini dengan sangat tidak terpaksa ditransfer ke seller yang entah berantah itu, yang udah bikin Harap-Harap Cemas gak karuan,Anjirr! haha. Tidak lebih, semuanya karena nafsu menggebu-gebu pengen punya FIXIE.

Penantian berbulan-bulan berakhir! paket FIXIE datang euy. Unboxing! ga sabaran.. udah kayak pinter rakit sendiri aja akho ni haha.

Terpaksalah berbagi bengkel supaya kedua FIXIE cepat kelar dirakit. Saya ke bengkel Dr.Sutomo, akho ke bengkel seberang jembatan Pawan I, yang walaupun kurang memuaskan karena terjadi sedikit kecerobohan orang di bengkel, akhirnya jadi juga. Seatpost dan bullhorn dipasang terbalik! xixi.

Ada kepuasan tersendirilah setelah FIXIE ini jadi. Walaupun jarang gowes berdua, karena keterbatasan waktu dan kesempatan, tapi yang jelas racun FIXIE sudah ditebar di Ketapang. Tinggal menunggu waktu kawan-kawan yang terjangkit virus ini bermunculan satu persatu :D *lirik2 anak2 AMBA dengan proyek FIXIE 1juta nya. ihiir!

Satu saat nanti, pasti bakal ramai anak-anak FIXIE ngumpul gowes bareng , dan mungkin salah duanya adalah saya dan akho ! :D

(saya!)

(akho ! )

( Ini pacarku.. hihi )

Kebenaran Tuhan melalui Alkitab

Bacaan Hari ini :
2 Timotius 3:16 “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”
__________________________________________

Jika saya dapat menemukan kebenaran dari Alkitab, bagaimana saya tahu Alkitab itu benar?
Ada banyak sekali bukti objektif, baik eksternal dan internal, yang mengatakan bahwa Alkitab itu benar.

Bukti eksternal membuktikan Alkitab adalah sebuah buku historis yang dapat Anda andalkan.
Ada 5366 salinan dari Alkitab yang berasal dari waktu Alkitab pertama ditulis sampai kepada hanya 70 tahun sesudahnya.
Kenyataan itu menyangkal rumor bahwa Alkitab telah diubah ketika melintasi generasi dan bahasa.

Bukti eksternal juga mencakup banyak sekali penemuan arkeologi.
Misalnya, sejarawan dulu sering mengatakan bahwa Salomo tidak bisa memiliki kuda-kuda seperti yang dinyatakan dalam Alkitab karena tidak ada orang yang memiliki kuda pada waktu itu.
Tapi kemudian ribuan kandang kuda ditemukan dalam sebuah penggalian arkeologi.

Ada juga bukti internal dari Alkitab itu sendiri.
Dalam pengadilan, jaksa dengan saksi mata dua atau tiga orang memiliki peluang bagus untuk menaikkan kasusnya.
Alkitab dipenuhi dengan saksi mata.
Musa ada di sana saat Laut Merah terbelah; Yosua ada di sana untuk melihat Yerikho jatuh, para murid melihat Yesus yang dibangkitkan.

Bukti internal dari Alkitab juga mencakup kenyataan bahwa Alkitab menceritakan satu cerita dengan konsistensi — meskipun ditulis lebih dari 1.500 tahun di tiga benua yang berbeda oleh 40 penulis yang berbeda dari setiap jalan hidup yang berbeda pula.
Tidak ada manusia yang dapat menjelaskan untuk hal itu.
Ini adalah contoh yang luar biasa dari kemampuan Allah.

Alkitab mengatakan, “Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.” (2 Timotius 3:15-17)
__________________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 7-9; Matius 3
__________________________________________

Firman Tuhan dalam Alkitab adalah kebenaran yang sudah terbukti untuk mendidik kita dalam hikmat Tuhan.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Kebenaran Tuhan melalui Penciptaan

Bacaan Hari ini :
Roma 1:19 “Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka”.
__________________________________________

Sekitar 35 tahun yang lalu, saya sedang berada di sebuah kamp di pegunungan.
Sendirian di dalam ruangan, saya berdoa, “Tuhan, jika memang ada Tuhan, saya terbuka. Jika Engkau nyata, saya ingin tahu Engkau nyata.. Dan, Yesus Kristus, jika Engkau dapat mengubah hidup saya, jika ada tujuan untuk hidup saya, saya ingin tahu itu.”

Anda tahu apa yang terjadi?
Saya tidak merasakan merinding.
Saya tidak menangis.
Tidak ada cahaya terang bersinar ke bawah.
Saat itu sama sekali tidak seperti itu.

Namun, tetap, itu adalah titik balik dalam hidup saya — karena saya tidak lagi menduakan diri saya terhadap Tuhan.
Saya ingin mengetahui kebenaran, bahkan jika itu tidak nyaman bagi saya.

Kebenaran dapat ditemukan, tapi pertama-tama kita harus memiliki sikap keterbukaan yang mengatakan, “Saya ingin kebenaran lebih dari apa pun.”
Setelah Anda memilih sikap itu, Anda dapat menemukan kebenaran.
Bagaimana mengetahui kebenaran Tuhan?

Pertama, melalui penciptaan.
Kita belajar banyak tentang Tuhan, belajar banyak tentang kebenaran, hanya dengan melihat alam semesta.
Inilah sebabnya mengapa ilmu pengetahuan sangat penting.
Ini membantu kita memahami Allah dan alam semesta-Nya.

Sebagai contoh, dengan mengetahui bahwa ada lebih dari 60.000 jenis kumbang, kita belajar Tuhan menyukai keberagaman.
Dengan melihat gunung berapi, gelombang pasang, atau gempa bumi, kita belajar Tuhan adalah kuat.
Dari ekosistem yang seimbang secara halus, kita dapat mengamati Tuhan adalah sangat terorganisir.

Alkitab mengatakan, “Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka. Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.” (Roma 1:19-20)

Tuhan juga akan membawa kita kepada kebenaran melalui hati nurani, pertimbangan yang cermat, perintah-perintah Allah, dan melalui Yesus Kristus.
__________________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 4-6; Matius 2
__________________________________________

Saat Anda sungguh-sungguh ingin menemukan dan mengetahui kebenaran Tuhan, maka hal itu akan disingkapkan untuk Anda.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Doa Untuk Tahun Baru

Bacaan Hari ini :
Filipi 3:13b “aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku..”
__________________________________________

Ketika kita membuka kalender untuk tahun yang baru, kita berhadapan dengan kenyataan bahwa hari-hari kita di bumi ini dihitung.
Seperti dituliskan oleh Pemazmur dalam Mazmur 90:12, “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.”
Tidak ada orang bijaksana yang mendekati Tahun Baru tanpa melakukan beberapa introspeksi.

Ketika mengambil waktu untuk merenung dan introspeksi, kita diingatkan akan singkatnya waktu kita di dunia.
Kita juga melihat kembali atas kegagalan kita, kesalahan yang kita telah lakukan, dan kesempatan yang hilang, dan berkomitmen bahwa kita akan menggunakan waktu kita dengan lebih baik selama tahun mendatang.

Kita harus meluangkan waktu untuk menjadi orang yang menyenangkan, untuk tersenyum, untuk melakukan kesopanan-kesopanan kecil yang sering kita abaikan — untuk menunjukkan cinta kasih kepada keluarga dan orang-orang sekitar.
Psikiater sering mengatakan bahwa kebanyakan orang, lapar akan cinta kasih.

Mari kita ambil waktu juga untuk menjadi lebih dekat dengan keluarga kita.
Kita bukanlah mesin, kita bukan robot.
Rahasia keluarga yang bahagia adalah bahwa semua anggota keluarga belajar untuk memberi dan menerima cinta kasih.
Mari kita ambil waktu untuk mengungkapkan cinta kasih kita dalam ribuan cara.

Luangkan waktu untuk mengevaluasi apa yang kita lakukan di tahun yang lama, dan berkomitmen untuk bekerja dengan semangat yang baru.

Doa untuk hari ini:
Ketika saya memulai tahun baru ini, Tuhan Yesus,
saya berdoa agar perjalanan saya melalui hari-hari mendatang akan diisi dengan kasih untuk Engkau dan untuk orang lain, kasih yang tulus dan tanpa syarat.
__________________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 1-3; Matius 1
__________________________________________

Luangkan waktu untuk introspeksi dan membangun diri kita dalam kasih di awal tahun yang baru ini.

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Billy Graham)

Aku dan Seisi Rumahku

Bacaan Hari ini :
Yosua 24:15b “Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!”
__________________________________________

Saya akan menceritakan sebuah kisah nyata yang terjadi baru-baru ini.
Suatu kali, seorang Ibu mengatakan kepada saya tentang bagaimana dia memikirkan anaknya.
Anak laki-laki ini membuat keputusan-keputusan buruk dan berjalan dengan teman-teman yang salah.
Ibu ini berdoa dan berusaha meyakinkan anaknya untuk datang ke gereja dan mengubah pergaulannya, tetapi anak ini tidak mau melakukannya.
Sepertinya semakin ibunya berdoa, dia justru menjadi lebih buruk.
Singkat cerita, anak ini berakhir di penjara.
Sepertinya dia tidak akan memenuhi tujuan hidup yang benar.
Tapi ibunya tidak menyerah atau bersikap negatif tentang situasi.
Ibunya terus menyatakan Firman Tuhan, “Adapun saya dan rumah saya, kami akan melayani Tuhan. Benih orang benar pasti diberkati..”

Suatu hari Minggu pagi, anaknya yang berada di penjara sedang menonton televisi, dan seorang narapidana lain datang dan ingin menonton sesuatu yang lain.
Mereka mulai berdebat tentang acara televisi apa yang mereka akan tonton dan mulai berebut remote control.
Pada saat itu, seorang narapidana lain melangkah masuk ke ruangan.
Dia berbadan besar!
Dia berdiri setinggi sekitar enam kaki enam inci.
Dia tampak seperti pemain sepak bola profesional dengan otot menonjol keluar dari kemejanya.
Dia meraih remote control dan berkata, “Saya akan memutuskan apa yang akan kita semua tonton.”
Dia mulai membolak-balik saluran dan sampai di program televisi pelayanan kami.
Dia berkata, “Bagus, kita akan menonton program pelayanan rohani hari ini..”

Anak laki-laki ini bangkit dari tempat duduknya untuk pergi.
Tiba-tiba temannya yang berbadan kekar itu mencengkeram kemejanya, menariknya kembali dan berkata, “Duduklah. Kamu akan menonton dengan saya.”
Tuhan bekerja dengan cara yang misterius!
Saat dia melihat program televisi, tiba-tiba, anak laki-laki ini mulai merasakan kasih dan hadirat Tuhan yang tidak pernah dia rasakan sebelumnya.
Dia mulai menangis.

Pada akhir acara televisi, narapidana yang berbadan kekar itu mendoakan anak Ibu ini dan membawanya menerima Kristus.
Hari ini saya melihat anak laki-laki ini datang di ibadah gereja setiap Minggu, duduk dengan ibunya.
Siapa yang akan berpikir bahwa saat duduk di penjara pemuda ini akan dipaksa untuk menonton program televisi rohani, dan Tuhan akan mengubah hidupnya?
Tampaknya sesuatu yang aneh bagi pemikiran manusia.

Hari ini, saya ingin mengingatkan Anda bahwa meskipun janji-janji Tuhan yang telah Anda pegang teguh mungkin terlihat sepertinya tidak pernah akan terjadi, Tuhan tetap setia.
Apa yang Dia bisa lakukan untuk orang lain, Dia akan melakukannya untuk Anda.
Sama seperti Ibu ini, tetap berdiri, tetap percaya dan terus berharap.
Dalam Alkitab, Daud mengatakan seperti ini, “Apa yang akan terjadi pada saya jika saya tidak percaya saya bisa melihat kebaikan Tuhan?”
Saya meminta Anda hari ini untuk percaya bahwa Allah memiliki hal-hal menakjubkan untuk masa depan Anda.
Jika Anda percaya untuk keselamatan orang-orang yang Anda kasihi, tetap percaya karena semua hal menjadi mungkin ketika Anda percaya!
__________________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
Pengkhotbah 4-6; 2 Galatia 1
__________________________________________

Ketika kita percaya, bersama Tuhan segala sesuatu menjadi mungkin, Dia dapat bekerja dengan cara yang ajaib dan misterius.

(Diterjemahkan dari Hope for Today by Joel Osteen)

Posted with WordPress for BlackBerry.

Membuat Ruang untuk Tuhan

Bacaan Hari ini :
Imamat 26:9-10 “Dan Aku akan berpaling kepadamu dan akan membuat kamu beranak cucu serta bertambah banyak dan Aku akan meneguhkan perjanjian-Ku dengan kamu. Kamu masih akan makan hasil lama dari panen yang lampau, dan hasil lama itu akan kamu keluarkan untuk menyimpan yang baru.”
__________________________________________

Tuhan berjanji bahwa Dia akan menempatkan di tangan Anda apapun yang Anda butuhkan untuk memenuhi tujuan Anda dalam hidup ini.
Namun, begitu banyak orang yang berpegang pada hal-hal yang tidak pernah Tuhan maksudkan untuk mereka pegang.
Ketika tangan anda penuh dengan hal-hal lain, sulit untuk menerima apa yang Tuhan miliki untuk Anda.

Orang mengisi tangan mereka dengan banyak hal-hal baik, mereka mengambil kewajiban penting dan berpegang pada prestasi yang mengesankan.
Tapi “baik” bisa menjadi musuh dari “terbaik”.
Kita harus meluangkan waktu untuk mengevaluasi apa yang kita miliki di tangan kita dan bersedia untuk melepaskan supaya kita bisa mendapatkan yang terbaik yang Tuhan miliki bagi kita.

Kadang-kadang, kita berpegang pada hal-hal tertentu hanya karena kita belum menyadari bahwa kita perlu melepaskan mereka.
Kadang-kadang, ini adalah masalah mengakui bahwa Anda hanya memegang terlalu banyak.
Mungkin Anda sudah memegang sesuatu begitu lama sehingga Anda hanya merasa nyaman dengan itu, tetapi sekarang, saatnya untuk melangkah keluar dari zona kenyamanan Anda untuk membuat ruang bagi-Nya.

Saatnya melepaskan hal-hal seperti dendam, sikap yang salah, kebiasaan buruk dan pola pikir negatif.
Anda mungkin memiliki beberapa teman yang menarik Anda ke bawah, tetapi Anda tidak ingin meninggalkan mereka karena Anda tidak ingin sendirian.
Tuhan berkata, “Evaluasi hidup Anda”.

Kadang-kadang kita sudah melepaskan segalanya dan kemudian mengambilnya kembali.
Jika itu Anda, tidak apa-apa, hanya lepaskan kembali.
Setiap kali Anda berusaha melepaskan sesuatu, Anda menjadi semakin kuat.
Tidak akan lama sampai Anda memiliki kekuatan untuk benar-benar melepaskan hal-hal itu selamanya.

Kadang-kadang untuk beberapa hal tertentu, kita mungkin perlu untuk meletakkan dan menyerahkan bukan untuk selamanya.
Ini sementara. “Tidak sekarang” tidak selalu berarti “tidak pernah”.
Saat itulah kita harus percaya bahwa Tuhan selalu menyediakan yang terbaik untuk kita.
Tuhan memikirkan kepentingan kita.
Dia memimpin dan membimbing Anda dan bekerja di balik segala sesuatu untuk kebaikan Anda.

Hari ini, ketahuilah bahwa Tuhan ingin membantu Anda.
Dia ingin memberkati Anda, dan Dia memiliki hal-hal terbaik yang sudah Dia siapkan untuk masa depan Anda.
Tetapi Alkitab mengatakan bahwa Tuhan tidak akan memaksa Anda.
Dia tidak akan mendorong hal-hal yang baik pada Anda, sebaliknya, Dia akan menunggu sampai Anda siap.
Dia akan menunggu sampai Anda terbuka.
Hari ini, buatlah ruang bagi-Nya.
Bersedialah untuk membuka tangan dan hati Anda untuk menerima berkat yang sudah Tuhan sediakan untuk Anda !
__________________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
Pengkhotbah 1-3;2 Korintus 13
__________________________________________

Kita perlu merenungkan apakah ada hal-hal yang kita pegang dalam hidup kita yang perlu kita lepaskan agar kita dapat menerima sepenuhnya berkat-berkat Tuhan.

(Diterjemahkan dari Hope for Today by Victoria Osteen)

Posted with WordPress for BlackBerry.