Membuat “Read More..” di blogger

Frans Doni/ October 24, 2008

Seperti biasa, karena ada kaitannya dengan keperluan pribadi makanya tutorial ini dibuat :).  Seringkali kita temui di artikel / postingan yang terlalu panjang terdapat link “Read More…” atau “Baca Selengkapnya..” atau apalah namanya itu yang intinya jika mau baca postingan selengkapnya harus klik link itu.

Bagi pengguna WordPress, hal ini tidak menjadi masalah karena sudah ada fiturnya alias sudah ada tag yang disediakan di editor wordpress untuk dipakai secara langsung. Tapi bagi pengguna Blogger, karena tidak ada fitur yang tersedia, makanya butuh sedikit oprekan di bagian template bloggernya. Caranya seperti apa? Blogger sendiri telah menyediakan tutorialnya “How can I create expandable post summaries?” atau ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Login ke blogger.com – Layout – Edit HTML – Expand Widget Templates
  2. Sisipkan kode berikut ini sebelum tag </head> atau tepat setelah kode } ]]></b:skin>
    <style>
    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    span.fullpost {display:inline;}
    <b:else/>
    span.fullpost {display:none;}
    </b:if>
    </style>
  3. Untuk membuat postingan terpotong sesuai dengan kebutuhan, dan disisipkan tulisan “Read More..”. cari kode <data:post.body/> dan sisipkan code berikut ini  tepat di bawahnya :
    <b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
    <a expr:href='data:post.url'> Read More..</a>
    </b:if>
  4. dan untuk penggunaannnya, sisipkan kode <span class=”fullpost”> di postingan di mana potongan posting akan dimulai/di mana akan dimunculkan tulisan “Read More..“, kemudian setelah postingan selesai,di akhiri dengan tag </span>.

13 Comments

  1. bang..
    template blogger ku bermasalah,
    tiap ku paste script yg ada tanda petik “” selalu berubah jadi “"”

    jadi scriptnya ga bisa jalan.

    gimana bang penyelesaiannya?
    help me plis..

  2. WUOOOOOHHHH THANKS BANGETS.AKU dah nyoba ribuan kali di tutorial website laen tp yg bisa cuma dari sini……makcih ya oom.

  3. waduh mas bener kata master-master diatasi tutor mas gag berhasil (baca : menyesatkan) untung aja dah di download dulu template nya heu heu…

Add Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *