Selamat Hari Blogger Nasional! 27/10

Selamat Hari Blogger Nasional yang Kedua. Gaung gegap gempita menyambut Hari Jadi Blogger Indonesia ini begitu terasa di Komunitas-Komunitas Blogger se – Indonesia, tapi koq anak-anak BBC ga ada yang ‘terganggu’ ya ?? anak-anak yang ngakunya anak KayongBlogger juga….koq ga kedengeran apa-apa?? 😀

Ini loh..tepat setahun keberadaan Blogger di Indonesia mendapat perhatian yang serius dari pemerintah dan tentu saja keseriusan ini bukan karena dipandang Blogger akan membahayaan ‘stabilitas’ negara, tapi lebih kepada faktor positif yang muncul dari keberadaan Blogger itu sendiri, seperti yang diungkapkan Muh. Nuh beberapa waktu lalu.

Entah sejak kapan Blogger pertama kali muncul di Indonesia, saya ga pernah tahu pasti. Saya sendiri ngeblog sejak tahun 2003, beda 2 tahun dengan Bapak Blog Indonesia, Enda Nasution yang ngeblog sejak tahun 2001. Taruh kata, Blogger sudah ada di Tanah air dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, tapi koq baru 1 tahun belakangan keberadaannya diakui? yah walaupun bentuk pengakuan ini tidak ada efeknya bagi diriku,saya tidak pernah merasa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat koq. Soalnya, sejak awal ngeblog…saya cuman ngeblog. Ngeblog yang gak penting dari seorang Blogger yang moody. Bisa dilihat, hampir 5 tahun Corat-Coret Ad0n ini muncul, jumlah postingan baru saja 100an 😀 Trus apa sih tujuannya Ad0n bikin blog? Kalo anda yang ditanya seperti itu, apa yang menjadi jawaban anda? 😀 Kalo jawaban saya waktu itu :

1. “Trend sesaat” masih ingat betul, saat itu saya takjub dengan “personal web” nya seseorang yang bernama Ahmad Bisri, saya sebut “personal web” karena saat itu saya-nya belum mengenal istilah blog. Beliau ini yang akhirnya mengantarkan saya pada blog beberapa teman di Angkringan.or.id yang pada akhirnya juga memberikan pemahaman yang lebih tentang keberadaan Blog dan Komunitasnya di Indonesia, khususnya di Jogja. Apa kabarnya mas Ahmad Bisri ya? sampai-sampai blognya aja saya tidak tahu lagi sekarang 😀 Itulah trend sesaat, memicu saya untuk punya sesuatu yang orang lain punya dan tampaknya keren, dan andaikan saat itu sudah mengenal blog engine kayak WordPress atau yang lain-lainnya, tidak perlu saya bikin engine sendiri yang super duper sangat sederhana itu … duh, jadi ingat si DesignsDiary yang waktu itu yang bikin header imagenya, oOoo tidak…jangan buka lagi lembaran hidup yang udh lama itu anakku..

2. “Identitas Diri” Gak afdol rasanya, kalo ngaku anak cyber, tapi gak punya identitas di dunia maya. Jaman Friendster belum booming di Indonesia, kalau chatting di Mirc ketika ditanya “asl plz…” apa yang dijawab? paling-paling “21/m/yk”. Kalo saya waktu itu, udah langsung “liad aja di blogku……” tapi kalau sekarang mah gak ada lagi pertanyaan “asl plz” tapi udah berganti “FS plz” (kayaknya aja sih, udah lama gak pernah Mirc-an 😀 )

Karena tidak ada tujuan yang pasti dari Ngeblog, makanya tidak heran Corat-Coret Ad0n ini jarang diupdate 🙂 . Saat ini saya mengelola beberapa blog lain selain yang Corat – Coret Ad0n, yang lebih jelas misinya yakni making money online, jadi yah..nasibnya tidak seperti personal blogku ini :). Jawaban yang ketiga :

3. “Blogging for money” 🙂

Bagaimana dengan anda ?? Selamat hari Blogger Nasional II.

** Images diambil dari http://rijalfadilah.net/?p=56

7 thoughts on “Selamat Hari Blogger Nasional! 27/10”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *