Ketapang FIXIE !

FIXIE.. ada yg belum pernah dengar istilah ini?? keterlaluan kalau belum pernah. Trendnya udah ke mana-mana loh. Di kota-kota besar apalagi, sudah biasa sekumpulan anak muda bawa sepeda yg unik ini!. Kalau jaman dulu dikenal sepeda Torpedo, fixie ini ya mungkin kurang lebih lah sepertinya :D yang pasti sesuai namanya fixed gear, sepeda ini gearnya mati! mau dikayuh ke belakang atau ke depan sama saja bisa jalan terus, tidak seperti sepeda biasa.

Menurut wikipedia, FIXIE adalah sebagai berikut :

A fixed-gear bicycle (or fixed-wheel bicycle, sometimes known in the USA as a fixie) is a bicycle that has no freewheel, meaning it cannot coast — the pedals are always in motion when the bicycle is moving.

The sprocket is screwed or bolted directly onto a fixed hub. When the rear wheel turns, the pedals turn in the same direction.[1] This allows a cyclist to stop without using a brake, by resisting the rotation of the cranks, and also to ride in reverse.

Nah, ngomongin Fixie di Ketapang nih, (sepertinya) masih termasuk barang baru. Tidak bermaksud berlebihan, tapi kayaknya memang baru ada beberapa bulan terakhir ini loh, belum pernah terlihat berseliweran di jalanan Ketapang sebelum saya dan akho rakit FIXIE kembar beda warna :D (Semoga tidak salah) ini :

Ide awalnya sampai bisa merakit fixie ini sebenarnya tidak terlalu jelas juga, yang pasti sih karna niatan untuk bersepeda yang sudah menggebu-gebu. Ada pikiran awal ingin cari MTB, trus ikut komunitas MTB di Ketapang yang katanya sering turing ke mana-mana. Tapi setelah melalui observasi beberapa saat sepertinya tidak memungkinkan. Harganya terlalu berlebihan! saya tidak mampu beli! hahaha, kalau dipaksakan beli MTB harga standar, sepertinya lebih susah lagi untuk bisa “IN” di komunitas, ngomong serba tidak nyambung. sebuah fork aja bisa sampai belasan juta. belum framenya lagi T_T.

Untungnya, muncullah sesosok akho dengan ide brilliannya di BBm. Rakit FIXIE saja! biar jadi trendsetter di Ketapang! rajin ni anak yg pada akhirnya bertugas berburu part FIXIE di seantero KASKUS . Merakit FIXIE perdana yang pada akhirnya harus overbudget. Budget yang seharusnya ditambah D60+35mm ku udah bisa dapat D7000 BO ini dengan sangat tidak terpaksa ditransfer ke seller yang entah berantah itu, yang udah bikin Harap-Harap Cemas gak karuan,Anjirr! haha. Tidak lebih, semuanya karena nafsu menggebu-gebu pengen punya FIXIE.

Penantian berbulan-bulan berakhir! paket FIXIE datang euy. Unboxing! ga sabaran.. udah kayak pinter rakit sendiri aja akho ni haha.

Terpaksalah berbagi bengkel supaya kedua FIXIE cepat kelar dirakit. Saya ke bengkel Dr.Sutomo, akho ke bengkel seberang jembatan Pawan I, yang walaupun kurang memuaskan karena terjadi sedikit kecerobohan orang di bengkel, akhirnya jadi juga. Seatpost dan bullhorn dipasang terbalik! xixi.

Ada kepuasan tersendirilah setelah FIXIE ini jadi. Walaupun jarang gowes berdua, karena keterbatasan waktu dan kesempatan, tapi yang jelas racun FIXIE sudah ditebar di Ketapang. Tinggal menunggu waktu kawan-kawan yang terjangkit virus ini bermunculan satu persatu :D *lirik2 anak2 AMBA dengan proyek FIXIE 1juta nya. ihiir!

Satu saat nanti, pasti bakal ramai anak-anak FIXIE ngumpul gowes bareng , dan mungkin salah duanya adalah saya dan akho ! :D

(saya!)

(akho ! )

( Ini pacarku.. hihi )

One thought on “Ketapang FIXIE !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *