April Fools Day

Frans Doni/ April 2, 2007

April Fools Day atau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah April Mop, siapa sih yang tidak tahu dengan hari yang diperingati setiap 1 April ini? hm, saya salah satunya, salah satu yang tidak tahu, lebih tepatnya sih lupa bukan tidak tahu. 😀

April Mop diiyakini oleh sebagian orang untuk men-sah-kan berbuat kebohongan di hari yang khusus ini. Sejarahnya, April Mop ini diduga mulai diperingati pada abad ke-16 di Perancis.

Menurut keterangan pada website USIS dulu awal tahun baru itu jatuh pada tgl 1 April. Cara merayakannya mirip dengan sekarang, dengan pesta, dansa dansi hingga pagi. Kemudian th 1562, Paus Gregory memperkenalkan kalender baru yang tahunnya diawali bulan Januari. Tetapi ada beberapa kalangan yang belum dengar atau tidak percaya adanya perubahan ini. Jadi mereka terus memperingati tahun baru pada tanggal 1 April. Orang2 inilah yang disebut April Fools atau secara harafiah berarti orang2 yang tertipu di bulan April.

Teori lain yang dimuat The Washington Post mengatakan tradisi ini dimulai pada jaman Romawi kuno, saat orang merayakan festival Ceres awal April. Ceres adalah dewi panen yang putrinya diculik Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.

Kebiasaan membohongi teman dan anggota keluarga ini, diduga menyebar dari Perancis, ke Inggris dan Skotlandia, lalu ke Amerika waktu terjadi emigrasi orang Eropa ke sana.

Di Perancis ,disebut Poisson d’avril atau ikan April. Mereka percaya ikan kecil itu gampang tertangkap atau tertipu.Di Skotlandia istilahnya April gowk, yang berarti burung tekukur yang disana melambangkan kepolosan. Di sana, April Fools Day malah diperingati selama dua hari. Hari kedua khusus untuk meledek anggota badan dan disebut Taily Day. Oke2 aja kalau anda menempel tulisan “Kick Me” pada bokong teman anda.

Lain lagi di Inggris, kalau anda tertipu and disebut April noddie. Di Indonesia sendiri populer dengan nama April Mop. Dalam bahasa Belanda mop berarti kelakar.

(sumber: http://www.voanews.com)
Dan saya, lagi-lagi kali ini menjadi korban april mop. Dikibulin abis-abisan ma saudaranya pacarku.Pokoke abis-abisan dah.D:D

0 Comment

Add Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *