Friendster kenapa ya?

“Friendster – Scheduled Maintenance – Temporary Maintenance” Kata-kata yang begitu mencolok di halaman friendster.com untuk 2 hari terakhir ini. Sebuah fenomena yang biasa terjadi sebenarnya untuk jangka waktu tertentu Friendster membutuhkan maintenance pada server dan data centernya dan itu biasanya paling lama 3 atau 4 jam.

Saya katakan kejadian ini fenomenal, karena situs sekelas Friendster bisa down sampai dua hari dan tentu saja ini bukan bagian dari maintenance rutin Friendster seperti maintenance-maintenance sebelumnya. Sedikit bergoogling, saya temukan alasan utamanya ” Terjadi gangguan pada Data center Friendster di SunnyVale” yang mengakibatkan data-data pengguna Friendster yang lenyap. Makanya tidak heran, sesekali waktu di sela halaman “temporary Maintenance”-nya friendster masih bisa masuk ke profil kita sebagai pengguna tapi data-data jumlah teman dan foto sudah tidak seperti sedia kala lagi. Dan sialnya, tape backup Friendster untuk backup data-data di Data Center SunnyVale telah dikirim ke China proses lebih lanjut, yang mengakibatkan proses restore data menjadi terhambat.

Lebih menyakitkan lagi, Down-nya Friendster dalam dua hari ini berpengaruh juga pada omset KLIKnet, rata-rata yang bikin betah ABG ‘bening-bening’ itu duduk manis di depan komputer selama berjam-jam hanyalah situs Friendster!! sungguh mengenaskan sekali. Padahal masih banyak aplikasi Social Networking selain Friendster, misalnya PLurk , FaceBook dan 2 virus ini yang sedang anak-anak tularkan ke user KLIKnet sebagai alternatif Friendster, atau bahkan menjadi pengganti Friendster. Siapa yang tahu? 🙂

6 thoughts on “Friendster kenapa ya?”

  1. beh, bening2 mulu. lha, jaman skarang kan emg begitu juragan…mau digimanakan lagi lah. friendster yak… (jadi teringat jaman dulu…waktu masi susah internet, numpang2 rumah juragan)
    wakakakakakakkakaaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *